Pages

Sabtu, 09 Juni 2012

Intelligence of Children

Multiple Intelligences

Kecerdasan adalah suatu kemampuan atau ketrampilan yang dimiliki seseorang untuk memecahkan suatu masalah atau menghasilkan sesuatu yang digunakan dalam budaya masyarakat.

Howard Gardner mengidentifikasi ada 8 kecerdasan manusia, kemudian tokoh lain menambahkan 2 kecerdasan sehingga menjadi 10 kecerdasan, yaitu : kecerdasan linguistik, kecerdasan logika, kecerdasan spasial, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan naturalis, kecerdasan spiritual dan kecerdasan eksistensial.


Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang untuk menyusun pikiran dengan jelas dan mampu menggunakannya secara kompeten dengan kata-kata seperti bicara, membaca dan menulis. Pentingnya kecerdasan linguistik yaitu untuk berkomunikasi. Selain itu kecerdasan linguistik juga sangat diperlukan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, keinginan, pemikiran yang sangat dibutuhkan. Beberapa alasan mengapa kecerdasan linguistik penting antara lain :
1) Meningkatkan kemampuan membaca. 
2) Meningkatkan kemampuan menulis.
3) meningkatkan kemampuan mendengar. 
4) Melatih gerak verbal. 
5) Meningkatkan Keterampilan umum.
Metode yang dapat untuk menumbuhkan kecerdasan linguistik yaitu: mengajak bercakap-cakap dengan asik misalnya mendongeng, bermain drama, gemar membaca tanpa dipaksa, menyusun kata-kata bersajak. 








Sumber : Suyadi. (2009). Anak yang Menakjubkan. Yogyakarta : DIVA Press













0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Let's Learning. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger